Perlambatan Global Memukul AUDJPY  

Baca artikel di situs FBS

Perlambatan ekonomi global telah resmi memasuki tahap resesi dan dapat membuat mata uang komoditas seperti Aussie Dollar terkoreksi turun.

Pertumbuhan ekonomi dunia terlihat melambat setelah GDP Amerika Serikat masuk ke level -31,7% , Inggris -20,4%, Uni Eropa -12,1% , Canada -11,5% dan Australia -7%. Hanya China yang pada kuartal kedua tahun ini terlihat berkinerja sangat baik dan berada pada level positif 11,5%.

Resesi ekonomi terjadi seluruh negara di dunia dan ini membuat semua bank sentral memotong suku bunga mendekati 0% serta mejalankan program stimulus ultra longgar, agar likuiditas dipasar uang tetap terjaga.

Dampak dari program stimulus yang dikenal dengan program quantitative easing ini terlihat lebih besar nilainya, dibandingkan QE pada saat krisis moneter ditahun 2008 terjadi, dimana likuiditas yang disediakan saat ini selain untuk menghambat perlambatan ekonomi, juga diperuntukan guna melawan pandemic covid-19 yang sampai hari ini telah menginfeksi lebih dari 25 juta orang dan membunuh lebih dari 850.000 orang di dunia.

Para pelaku pasar saat ini sedang menunggu data sector tenaga kerja Amerika Serikat yang akan dirilis esok hari, dimana menurut survey tingkat pengangguran di negeri Paman Sam akan turun ke level 9,8% dari 10,2%.

Data tersebut tentunya menjadi penting karena akan menjadi data pendukung bagi The Fed dalam menentukan kebijakan moneter pada FOMC meeting yang akan dirilis pada tanggal 17 september 2020 pada pukul 01.00 wib.

Efek Terhadap Pasar

Perlambatan ekonomi global membuat negara penyedia rantai pasokan dunia seperti Australia akan terpukul, dimana saat ini aktivitas pabrikan negara tersebut masih berada dibawah level 50. Pair AUDJPY dapat melemah dalam beberapa waktu kedepan

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair AUDJPY akan bergerak dalam range 76.63 – 78.06

Trading Plan :

 Sell Limit 78.06 – 78.33 dengan target 76.49 – 76.63

Grafik AUDJPY  timeframe D1

audjpy 3 sept.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.